Kesalahan Yang Sering Di Lakukan Oleh Blogger Pemula, Tak Terkecuali Saya

Kesalahan Yang Sering Di Lakukan Blogger Pemula, Tak Terkecuali Saya

Setiap manusia hidup pasti memiliki kesalahan, begitu juga dengan para blogger, khususnya blogger pemula, tak terkecuali saya.

Namanya juga pemula ya, pasti akan melakukan banyak kesalahan, karena memang belum tahu apa yang harus mereka lakukan untuk mengurus blognya masing-masing.

Semoga para blogger pemula akan menemukan dan membaca artikel ini, karena di dalam artikel ini saya akan membahas tentang kesalahan blogger pemula yang sering di lakukan, dan semua kesalahan ini sudah saya lakukan dulu, waktu pertama memulai blogging.

Kesalahan Yang Sering Di Lakukan Blogger Pemula.


1. Tidak Memiliki Tujuan

Mungkin banyak blogger yang membuat blog hanya penasaran saja. Contohnya saya sendiri, waktu pertama kali membuat blog, sebenarnya nggak ada tujuan untuk menjadi blogger, karena waktu itu saya sedang rajin-rajinnya jualan online, karena saya masih gaptek tapi pengin tau cara membuat toko online, akhirnya saya googling dan menemukan website Niagahoster.co.id, di sana saya menemukan cara membuat toko online, tapi ternyata rumit banget, saya terus googling, dan lupa dulu saya masukan keyword apa, hingga saya menemukan blognya mas sugeng (sugeng.id) yang judulnya penduan blogger pemula.

Disana saya masih bingung, apa lagi ini blogger, akhirnya saya ikuti langkah-langkah, dan jadilah sebuah blog, jujur ini adalah bukan tujuan saya, saya hanya ingin membuat toko online, tapi kenapa saya malah ngeblog dan akhirnya saya memutuskan untuk berhenti jualan online, sungguh saya nggak nggak ngerti entah apa yang merasukiku.

Dan sampai beberapa bulan pun saya nggak punya tujuan ngeblog saya ini untuk apa, mungkin hanya satu yang terlintas dalam fikiran saya yaitu hanya untuk gaya dan terlihat keren, "wah keren dia bisa menjadi penulis di internet" Hahaha, sungguh gokil dan ini adalah kesalahan menurut saya.

2. Buang-buang Waktu Untuk Gonta-Ganti Template

Ini saya banget, inget waktu belum tahu apa itu template blog, karena ngeblog juga nggak punya tujuan, saya bingung dengan blog orang-orang, kok tampilannya bisa bagus gitu ya, padahal mereka juga menggunakan platform blogger, setelah saya cari tahu akhirnya ketemu juga,  ternyata template namanya yang bisa membuat tampilan blog menjadi keren, (ya Allah segitu gapteknya saya.😀).

Setelah tahu yang namanya template, setiap hari saya menggonta-ganti template, bahkan setiap hari hanya ngurusin dan belajar ngedit template, dulu pertama belajar ngedit Template nya menggunakan hp, jadi agak ribet, karena harus menggunakan aplikasi tambahan.

Jadi kesalahan saya disini adalah, kenapa hanya mementingkan tampilan, sedangkan blog saya hanya memiliki beberapa judul artikel.

Kalaupun tampilan blog saya keren tapi artikel saya nggak ada, siapa yang mau mampir.

Jadi untuk kalian yang masih pemula, lebih baik fokuskan dulu konten blog kalian, untuk masalah template, lebih baik, satu untuk selamanya saja dan gunakan template premium, jika belum tahu dimana membeli template premium, kalian bisa beli di sugeng.id, disana ada beberapa pilihan template yang keren, dan blog ini juga menggunakan template mas sugeng.

3. Suka copy paste

Apakah copy paste adalah kesalahan? Ya, copy adalah kesalahan, bahkan bukan hanya untuk blogger pemula, tapi saya yakin, kalian yang sedang membaca ini pun pasti pernah melakukan hal ini, sama seperti saya.

Tapi setelah saya pikir-pikir, kenapa juga saya ngeblog kalau blog saya hanya berisi konten jiplakan, masih mending tulisan jelek tapi original, daripada bagus tapi hasil curian, dan tentunya ini akan sangat merugikan untuk orang lain yang kita curi kontennya.

Nah untuk itu, belajarlah menulis, sejelek apapun tulisan kalian kalau itu hasil karya sendiri, insya Allah akan lebih baik, karena lama kelamaan, kalian akan terbiasa menulis, dan kalau sudah terbiasa menulis,  fikiran untuk copas blog orang lain pun hilang dengan sendirinya.

4. Hanya memikirkan Uang

Kalau yang ini sih mungkin bukan kesalahan ya, tapi kebodohan (becanda), ya salah satu harapan para blogger adalah untuk bisa menghasilkan uang, tapi...

Jangan memikirkan hal itu dulu juga, kalian bisa kok, menghasilkan uang dari blog kalian, tapi sebaiknya jangan terburu-buru, apalagi jika kalian ingin menghasilkan uang dari blog dengan cara monetisasi AdSense.

Nggak ada salahnya sih tapi sebaiknya kalian tunggu dulu sampai pengunjung blog kalian itu banyak, karena kalau pengunjung blog sedikit,penghasilan dari AdSense pun mengenaskan.

Jadi saran saya adalah pengunjung dulu, baru ikut program periklanan.

5. Nggak mau belajar

Kalau yang ini bukan saya banget, tapi teman saya, jadi dia juga pengin ikutan ngeblog nih, tapi nggak mau belajar, dari mulai bikin blog, pasang dan edit template, daftar webmaster, itu semua di serahkan ke saya, ya sudahlah mau gimana lagi, orang kalau saya bilang surah belajar jawabannya : "ngapain saya belajar, kan ada kamu". Aduh ya susah ya untuk maju, sudah gitu yang parahnya lagi, belum mulai nulis sudah minta di daftarin AdSense lagi, sedih campur ketawa pun jadi satu.

Berhubung dia nggak mau belajar ngeblog, akhirnya saya bikinlah blog baru untuk dia nulis, dan saya yang urus, urusan menghasilkan uang atau tidak urusan nanti lah,  yang penting kamu nulis aja di blog saya, biar yang lain saya yang urusin, nah dengan begini kan nggak buat beban untuk saya, heee. Maaf kawan bukan saya nggak mau ngajarin, tapi saya juga pengin kamu bisa.

Nah itulah Kesalahan-kesalahan yang sering di lakukan oleh blogger pemula, tapi bukan itu saja, masih banyak Kesalahan-kesalahan lain yang harus kalian ketahui dan kalian hindari. Semoga bermanfaat, salam blogging.

0 Response to "Kesalahan Yang Sering Di Lakukan Oleh Blogger Pemula, Tak Terkecuali Saya"


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel